Selasa, 06 Juli 2010

optimalkan masa perkembangan otak anak

Masa pertumbuhan otak terjadi sejak pekan ke-14 kehamilan. Lompatan terbesar perkembangan otak (brain growth spurt) terjadi sejak pekan ke-10 kelahiran hingga anak berusia 2 tahun . Inilah masa krusial untuk perkembangan kecerdasannya .
-------------------------------------------------------------------------------------

Pertumbuhan otak dimulai sejak bayi dalam kandungan. Pada 5 minggu pertaman pembuahan embrio sedah membentuk jutaan sel yang membentuk prototipe otak.

Pertumbuhan ini akan semakin cepat saat memasuki minggu ke-8 dan ke-14. Pada inilah terbentuk jutaan sel yang disebut neuron yang merupakan inti dari sel otak hingga terbentuk sinaps .

Jumlah sel otak merupakan factor terpenting dalam kecerdasan perkembangan otak sang bayi. Namun hal terpenting adalah bagaimana sel-sel otak itu membentuk jaringan interkoneksi dengan sel-sel lainnya .Masa 10 minggu setelah kelahiran hingga bayi berusia 2 tahun adalah masa penting dalam membangun sel otak itu. Bayi Anda mulai ‘belajar’ saat jutaan neuron di otak mulai ‘menjalar’ ke berbagai arah membentuk interkoneksi tadi

Tak ada obat ‘perangsang’ pertumbuhan otak kecuali peran aktif Anda sebagai orang tua.

Benar bahwah kecerdasan anak tak lepas dari faktor genetik bawaan orangtua. Inilah yang disebut factor internal dalam perkembangan otak bayi. Namun para ahli juga menyebut,mengandalkan pada factor genetic semata,tak akan pernah menjadikan anak anda cerdas dan bermentak kuat. Faktor lingkungan (eksternal) terbilang sangat penting dalam menumbuhkan tingkat kecerdasan seorang anak.

Berdasarkan hasil penelitian Bernard Devlin dari universitas Pittsburg.Amerika Serikat, factor genetik dan nutrisi yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak berkisar 48%. Factor lain yang tak kalah penting adalah stimulasi dan lingkungan,termasuk saat kecil dalam kandungan .Stimulasi sejak dini sangatlah penting mengingat jumlah sel-sel saraf pada otak sikecil tidak selamanya bertumbuh  [survive]. Itu berarti berarti perlu upaya untuk terus mempertahankan dan menumbuhkan jaringan hubungan antar-sel saraf (sinaps) agar hubungan komunikasi antar-sel saraf semakin terjalin.

Berilah rangsangan pada sinaps agar ia terus berkembang membentuk jaringan. Semakin optimal rangsangan itu akan semakin baik Itu berarti perkembangan sel otak terdantung pada bagaimana Ia ‘dibimbing’ dan ‘diperlakukan’sejak masa kandungan dan setelah lahir . Jika Anda melakukan itu,percayalah , bayi Anda tak saja menjadi cerdas tapi juga memiliki emosi dan mental yang matang. Jika demikian,menjadikan anak si Cute Little Einsten, bukan lagi sekedar mimpi .

Tahap awal perkembangan pada masa kanak adalah momen paling penting dalam proses pertumbuhan otak. Menurut para pakar , masa inilah masa dimana stimulasi otak akan mencapai tujuan optimalnya. Bahkan, penelitian penelitian terakhir menunjukan pula, bahwa bila stimulasi dini itu diberikan pada bayi baru lahir hal ini akan memberi manfaat bagi perkembangan selanjutnya.

Dulu para paler berfikir bahwa bayi tak berdaya saat dilahirkan.Mereka mengatakan bayi tak dapat melihat,mendengar, aatau berfikir. Namun penelitian lebih jau menunjukan bayi bisa melakukan bahkan jau sebelum ia dilahirkan. Bahkan , masa pertumbuhan pada kandungan merupakan masa paling cepat dalam perkembangan otaknya
Sementara itu,periode dari kelahiran hingga 3 bulan pertama merupakan tahap kedua tercepat dalam perkembangan bayi, sejak dilahirkan, terjadi proses belajar yang cepat dalam semua bidang perkembangan. Bidang itu misalnya keterampilan kognitif atau berfikir, pertumbuhan fisik dan kendali gerak,dan perkembangan peribadi, termasuk ekspresi emosi, kepekaan diri,juga keterampilan sosialisasi.


STIMULASI PENTING DAN HARUS DIDUKUNG OLEH NUTRISI YANG TEPAT SEPERTI ,AA,DHA DAN GIA (GANGLIOSIDA) YANG BERASAL DARI LIPADA KOMPLEKS, AKAN MEMBANTU MEMBANTU PERKEMBANGAN OTAKNYA.


Sumber : anmum ( http://anmumindonesia.com )    

                                                                                                       

X8 Speeder Apk, Apa sih Sebenarnya Aplikasi ini?

Banyak orang yang mencari aplikasi X8 Speeder apk di internet, tapi apakah mereka sudah mengetahui sebenarnya apakah aplikasi tersebut? untu...