Minggu, 04 Januari 2015

Halo, ada berita baru dari Musikator

Halo, ada berita baru dari Musikator

Link to Musikator

Belajar Hak Cipta dari Hang Dimas

Posted: 03 Jan 2015 07:43 AM PST

Beberapa bulan lalu Robin Malau sempat mengadakan wawancara dengan Hang Dimas perihal Hak Cipta dan pelaksanaannya di Indonesia. Jika kamu pencipta dan penampil, maka wawancara di bawah ini wajib disimak karena sarat dengan pengetahuan yang kamu butuhkan sebagai musisi.

Content Creator di Rdio

Posted: 02 Jan 2015 09:34 PM PST

Meski sudah menandatangani perjanjian kerjasama sejak 6 bulan lalu, content dari Creator belum juga bisa didistribusikan ke salah satu pemimpin pasar layanan streaming asal Amerika, Rdio. Hingga akhirnya, bisa dimulai bulan Januari 2015 ini!

Sedikit cerita tentang apa yang terjadi dibalik panggung.

Teknis pengantaran konten ke server layanan streaming (termasuk Rdio) tidak mudah, karena setiap layanan punya spesifikasi teknologi sendiri-sendiri. Jadi Musikator harus mempelajari dulu spesifikasinya, mencoba membuat template, dan mengantarkan konten ke server partner. Tapi, selain punya spesifikasi sendiri, partner juga mempunyai kebijakan pengantaran masing-masing. Ada yang mau langsung menggunakan teknologi yang manual (ketik .xml di code editor, kemudian mengirimkan materi lewat SFTP), ada yang tidak. Rdio termasuk yang tidak. Jadi kami harus menggunakan pihak ketida sebagai technical partner, yang disepakati bersama. Akhirnya, setelah bernegosiasi selama ini, kami sepakat menggunakan technical partner yang sudah bekerjasama dengan Rdio sebelumnya.

Karena teknis pengantaran sudah sepakat, maka mulai bulan Januari, satu persatu content Creator akan diantarkan ke server Rdio untuk bisa dinikmati oleh fans.

Yay!

Musikator dan Rock In Celebes

Posted: 02 Jan 2015 08:23 PM PST

Di akhir tahun lalu, Musikator berkesempatan untuk bekerjasama dengan Rock In Celebes. Konsep kerjasamanya sudah saya sampaikan di Blog lama Musikator di link ini.

Hasil kerjasama selain bisa dilihat di akun Twitter dan Facebook-nya Rock In Celebes, juga bisa dilihat di website Rock In Celebes 2014.

Kamu mengelola festival dan ingin mengoptimalkan jaringan distribusi digital Musikator? Silahkan hubungi kami lewat formulir ini, dan mari kita lihat konsep kerjasama apa yang bisa kita kerjakan bersama! :)

Selamat datang di Musikator.com!

Posted: 02 Jan 2015 08:07 PM PST

Entah sudah berapa lama dan berapa kali saya ditanyai, “Website Musikator kok cuma landing page?”. Biasanya saya cuma menjawab dengan setengah bergurau, “Lah, tanpa website pun Musikator bisa sign lebih dari 500 band kok!”.

Hehe.

Well, pendapat saya tidak berubah.

Berbisnis dengan band adalah kegiatan yang membutuhkan kemampuan sederhana, namun sangat spesifik. Yaitu selain mengerti nature bisnisnya itu sendiri, juga dibutuhkan sebuah kegiatan yang tidak dapat direplika oleh siapapun: relasi. Sejak mendirikan Musikator sebagai alat untuk semua band independen di Indonesia untuk mendistribusikan lagunya secara digital, saya percaya hanya 1 strategi yang bisa membuat komunitas ini sukses.

Tapi, di awal tahun 2015, saya memutuskan sudah saatnya Musikator memiliki sebuah website. Mengapa? Yang pertama, agar informasi mengenai apa misi Musikator tidak tercecer dimana-mana, tapi terpusat di 1 situs web yang bisa di-update kapan saja. Yang kedua, situs ini akan digunakan untuk memberikan pengumuman dan artikel yang berguna untuk stakeholder, terutama Creator. Yang ketiga, situs ini akan menjadi arsip kegiatan Musikator.

Bersulang untuk tahun 2015!

X8 Speeder Apk, Apa sih Sebenarnya Aplikasi ini?

Banyak orang yang mencari aplikasi X8 Speeder apk di internet, tapi apakah mereka sudah mengetahui sebenarnya apakah aplikasi tersebut? untu...